[DNS #5] [TMH #3] You Are the Apple of My Eye – Giddens Ko

★ ★ ★ ☆ ☆ yataome

Judul: You Are the Apple of My Eye
Penulis: Giddens Ko
Penerbit: Haru
Genre: M-Novel
Tebal: 350 hlm
Rilis: Februari 2014
Harga toko: Rp63.000,00
Cara dapat: @ Social Agency Baru Jakal (20% OFF)

Kau sangat kekanak-kanakan – Shen Jiayi Sedikit pun kau tidak berubah, nenek yang keras kepala – Ke Jingteng

Semua berawal saat Ke Jingteng, seorang siswa pembuat onar, dipindahkan untuk duduk di depan Shen Jiayi, supaya gadis murid teladan itu bisa mengawasinya. Ke Jingteng merasa Shen Jiayi sangat membosankan seperti ibu-ibu, juga menyebalkan. Apalagi, gadis itu selalu suka menusuk punggungnya saat ia ingin tidur di kelas dengan pulpen hingga baju seragamnya jadi penuh bercak tinta. Namun, perlahan Ke Jingteng menyadari, kalau Shen Jiayi adalah seorang gadis yang sangat spesial untuknya.

Karena masa mudaku, semua adalah tentangmu…

Kalau ada buku terbitan Haru yang paling pengin saya baca, itu adalah You Are the Apple of My Eye karya Giddens Ko ini. Kenapa? Karena rating di Goodreads menggiurkan sekali~~ :d Sudah melampaui angka psikologis alias 4 koma. Sepinter apa pun seorang mahasiswa nggak akan ber-IP segitu, deh~ *halah* Nah, karena rating itulah saya jadi berharap banyak. Ekspektasi saya terhadap buku ini kadung tinggi. Jatuhnya jadi rawan kecewa dan memang itulah yang terjadi. Bukan berarti buku ini nggak bagus, tapi ya nggak sebagus “itu” saja.

Pertama, karakter Li Xiaohua ini “nggak guna” banget deh xD Kemunculannya terkesan malah jadi pengganggu aja. Harusnya buku ini tentang Ke Jingteng & Shen Jiayi, tapi “muter jauh” nyeritain Ke Jingteng & Li Xiaohua dulu. Kalau pakai analogi Romeo+Juliet, Li Xiaohua ini jadi kayak Rosaline. Sempat berarti buat Romeo, tapi ya keberadaannya langsung dilupakan begitu Juliet muncul. Kalau saja ini fiksi, dihilangkan juga nggak bakal terlalu ngefek. Berhubung ini semacam autobiografi, ya dimaklumi deh Li Xiaohua nongol, lha wong kenyataannya memang ada tokoh ini 😛 Lagian berkat tokoh Li Xiaohua jadi ada adegan “anjing Li Xiaohua” dan saya suka bangettt sama bagian itu x)

Kedua, saya kurang cocok dengan gaya bercerita penulisnya. Beberapa kali saya sempat tersendat untuk melanjutkan karena gayanya memang bukan tipe page turner. Terus, ada apa sih dengan adegan mengupil?? Apa ini ritual favorit Giddens Ko? Sering banget muncul sampai saya nyaris bisa memprediksi kapan muncul lagi. Kayaknya sih perupilan ini dimunculkan untuk memberikan kesan bahwa Ke Jingteng itu cuek dan slengekan, tapi porsinya too much sehingga pembaca jadi bosen.

Nah, selanjutnya sisi positif buku ini … Saya suka sekali pesan di buku ini bahwa love can bring out the best in someone. Ke Jingteng yang dulunya cuek sama pelajaran bisa jadi pinter lhooo~ Yang jelas buku ini bikin inget masa SMA banget, huhu. Bukan masalah romance-nya, tapi bagaimana keseharian pelajar menghadapi ujian itu loh … autentik banget deh penggambarannya! Inget banget bagaimana di papan tulis tertulis besar-besar: H- … menuju UM UGM. Tapi seingat saya kok nggak ada H- … menuju UN ya? Zaman saya kayaknya memang pada lebih mementingkan ujian masuk perguruan tinggi daripada ujian kelulusan 😛 Dan entah kenapa kok ya UGM-oriented sekali, padahal dalam kenyataannya banyak juga yang kemudian kuliah di UI, ITB, dll., tapi yang mendapat tempat kehormatan di papan tulis SMA saya cuma UGM, cih~ 😛 Jadi inget pula bagaimana saat kelas 3 SMA itu pada sering bolos massal. Tapi waktu bolos itu pun digunakan untuk belajar, ckck. Biasanya pelajaran yang ditinggal itu yang dianggap nggak penting, seringnya PPKn, ehehehe.

Waduh, ini sih kebanyakan curcol x)

Seperti biasa, review ditutup dengan catatan typo (yang sedikittt):

(173) Sepajang > Sepanjang
(268) kampusku > kampusku.

P.S. Habis ini saya mau cari filmnya ah~ Kayaknya sih bakal lebih bisa saya nikmati.

Leave a Reply

